Monitor komputer tidak tampil gambar. Indikator nyala normal


Monitor komputer tidak tampil gambar, kerusakan tidak tampilnya gambar pada monitor komputer bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Diantaranya adalah
1. Rusaknya kabel data
2. Tidak kerjanya hitler atau filamen Crt
3. Tidak kerjanya G2 flaybak
4. Flaybak tidak bekerja karena kerusakan rangkaian horisontal atau flaybaknya sendiri yang rusak.
Pengalaman ini saya peroleh pada servisan yang saya peroleh pada akhir-2 ini, dari 9 monitor berbagai merk ada 5 yang mengalami kerusakan sama yaitu gambar tidak tampil padahal lampu indikator nyala normal, satu diantaranya monitor Samsung 551 tidak tampil gambar ternyata suplay filamen/hitler tidak sampai pada kaki filamen karena ada patrian kendor pada resistor. Kerusakan seperti ini bisa dirasakan yaitu pada saat menghidupkan komputer terjadi kejutan pada layar monitor layaknya seperti monitor mau menyala. Kerusakan yang sama terjadi pada monitor merk Nathan 15′ layar datar. Pada saat start pertama juga terjadi kejutan dan dimonitor ini filamen/hitlernya nyala. Setelah saya telusuri ternyata tegangan G2-nya 0-vol. Meski kabel G2 sudah saya lepas dan saya ukur dalam keadaan netral tetap 0-volt, sementara flaybak dan fokusnya bekerja normal. Pada standar kerja kerusakan seperti ini harus ganti flaybak, tetapi karena flaybak monitor komputer agak sulit dibeli di pasaran maka saya berusaha membuat arus G2 yaitu dari colektor Tr horisontal dipasang dioda dan kapasitor 470df-350 volt. Kemudian tegangan tersebut digunakan untuk menyuplay G2. Metode ini hasilnya cukup bagus tinggal menunggu uji ketahanan saja.
Kerusakan yang sama terjadi lagi pada monitor Logix 15′. Pada monitor ini pada saat dinyalakan pertama sepertinya tidak ada kejutan pada layar dan setelah saya lakukan perbaikan ternyata karena rangkaian horisontal sampai ke flaybaknya tidak bekerja. Padahal Transistor horisontal outputnya bagus dan mendapatkan tegangan yang cukup, lalu penelusuran saya lanjutkan ke tingkat drifer horisontal dan ternyata benar Transistor driver ini tidak mendapatkan suplay tegangan, dan saya lanjutkan menelusuri jalur tegangan B plus nya dan ketemu karena resistornya yg nilainya 2.2 ohm putus dan setelah saya ganti monitor langsung bisa start timbul kejutan dan gambarnya sudah bisa tampil.
Monitor lainya lagi yg mempunyai kerusakan sama yakni Lg 15′ pada saat start pertama timbul kejutan, filamen normal, flaybak normal, G2 juga normal tapi tidak tampil gambar, pada saat saya akan mencabut kabel data gambar tiba-tiba tampil sbentar kemudian hilang lagi dan begitu kabel datanya saya goyang-goyang, ada sinar kerlap-kerlap seperti gambar mau muncul. Tanpa pikir panjang saya langsung ganti kabel data tersebut dgn yg baru dan monitor langsung keluar gambar, cuma harus dilakukan penyetelan fokus.
Dari pengalaman diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa kerusakan monitor yg tdk tampil gambar bisa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu. Filamen/hitler, G2 ,Horisontal dan kabel data.
Sampai disini harapan saya ada hal bisa diambil manfaatnya untuk anda.

4 thoughts on “Monitor komputer tidak tampil gambar. Indikator nyala normal”

  1. bos makasih ana lg belajar, kasusnya sama tapi pernah nyala cuman warna tidak smpurna kaya gausing tapi juga kaya warna nggak nyatu, mas lik ana mo belajar pada mas, boleh kan?

  2. gan, ane juga barusan kena masalah kek gini….
    pertama monitor normal, trs mati lampu. setelah lampu menyala monitor ga ada tampilan….
    waktu di nyalakan (monitor), biasanya ada tulisan NO SIGNAL….ini ga ada blasss….
    tp indikator normal, waktu CPU di nyalakan indikator juga bekerja seperti biasa, bunyi cetek dll, tp di tampilan tidak muncul….

    apanya ya gan?

    tQ

    1. Om gan maaf ane baru bales…
      coba cek di VGA Cardnnya, kalo ada bunyi klik sekali berarti prosessor harusnnya jalan… kalo model baru biasannya ada VGA sama HDMI, coba pakai HDMI, masi nyala ga?”

      NOTE: Kalo Notebook, coba sambungkan ke monitor untuk cek kinerja monitornnya..

      Semoga membantu

Berikan Balasan

