Merawat Registry Windows


Belajar komputer pada perawatan komputer. Seberapa sering perawatan registry ? Jawaban paling tepatnya adalah seberapa sering komputer digunakan? Hal ini menarik karena menyegarkan kembali registry hampir setara dengan komputer baru diinstall. Selama ia mampu melakukan apa yang dibutuhkan, biasanya user tenang-tenang saja. Nanti kalau sudah terjadi barulah tersadar. Seperti semua hal lain, registry sebetulnya memerlukan perawatan rutin agar tidak terjadi masalah dan itulah sebabnya anda perlu melakukan perbaikan registry Windows secara terencana.

Sebuah Corrupt Registry Sebenarnya Segera Dimulai

Apa pun versi Windows yang Anda gunakan, semuanya menggunakan file registri untuk melacak informasi sistem komputer. Registri file adalah tempat mencatat seluruh informasi sistem komputer Anda. Ketika Anda mulai menginstall dan uninstall sebuah software, saat itulah sebenarnya sebuah corrupt registry dimulai walaupun tidak disadari. Sementara banyak informasi yang dibutuhkan, ternyata merupakan pekerjaan yang melelahkan bagi kaum awam karena membingungkan dan bahkan informasi ada yang kelihatan saling bertentangan. Hal ini bisa dalam bentuk file instalasi yang tidak lagi digunakan, menghapus file sampah, pengaturan pengguna, font dan file lama, file tidak tepat lokasi, dan banyak lagi. Itulah sebabnya kelas pemula saya anjurkan untuk sistem coba-coba install dan uninstall secara berulang-ulang.

Anda dapat mulai melihat beberapa masalah komputer dari awal, tergantung pada informasi apa yang korup. Hal ini dapat mengakibatkan kecepatan komputer lambat, hang up, pesan kesalahan, dan banyak lagi, tetapi Anda dapat memperbaiki kesalahan registri dengan alat pembersih registri. Namun jika file tertentu menjadi rusak, komputer Anda mungkin bahkan tidak bekerja lagi, mengharuskan Anda untuk menginstal ulang semuanya!

Memilih Software Registry Cleaner Yang Tepat

Karena terdapat banyak varietas yang berbeda dari perangkat lunak perbaikan registry, Anda dapat dengan mudah menemukan yang Anda butuhkan. Namun sebelum anda men-download perbaikan registri Anda, Anda harus melihat penjelasannya agar tahu mana yang tepat dan mana yang sesuai untuk kebutuhan anda. Mereka tidak semua sama persis dan pasti ada bedanya.

Jika Anda memiliki Windows Vista yang lebih baru, Anda akan perlu untuk memastikan bahwa perangkat lunak pembersih registri yang Anda pilih dapat bekerja dengannya. Mengapa? Karena biasanya software ini dirancang untuk versi tertentu dari Windows. Artinya pada versi yang satu hasil kerjanya sangat baik namun pada versi lain bisa sangat jelek.Perangkat lunak yang dapat memberikan perbaikan registri XP baik misalnya, mungkin tidak dapat memberikan perbaikan registry Windows 7, dll

Gunakan Software Scan & Repair Registry secara teratur.

Masalah registry biasanya cukup mudah diatasi oleh registri fixer yang baik. Setelah di-download, Anda dapat menginstal sistem perbaikan registri hanya dalam beberapa menit dan melakukan scan dan memperbaiki registri dengan beberapa klik mouse. Namun langkah selanjutnya biasanya agak lama yaitu proses scan dan repairnya. Biasanya akan mengambil waktu sekitar 20 menit untuk memindai/scan dan Anda harus membaca dengan cermat hasilnya sebelum setuju dengan pembersihan/perbaikan yang akan dijalankan secara automatic.

Sebelum Anda menggunakan pembersih registri Anda yang baru, pastikan bahwa Anda telah membuat file cadangan registri lama Anda untuk berjaga-jaga, tentu saja dengan cara backup file registry. Menjalankan perangkat lunak Windows registry repair setidaknya dua kali sebulan jika volume penggunakan komputer Anda banyak.

2 thoughts on “Merawat Registry Windows”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s