Tips Membeli Notebook Baru..


Peluncuran notebook atau netbook baru dengan harga murah sudah sangat marak belakangan ini, para produsen notebook bersaing ketat dengan menyuguhkan inovasi2 terbaru mereka untuk ditawarkan kepada konsumen, akibatnya tentu bisa ditebak, banyak konsumen yang mulai melirik notebook untuk menunjang pekerjaannya sehari-hari. Notebook yang dahulu merupakan barang mewah, sekarang nampaknya sudah mulai merakyat (rakyat tingkat menengah atas maksudnya. hihi). Faktor mobilitas notebook-lah penyebab utama orang banyak beralih ke notebook. Apalagi di jaman mobile seperti sekarang, rasanya-rasanya notebook sudah menjadi kebutuhan. Bagi anda yang tertarik untuk membeli notebook berikut ada beberapa tips agar anda tidak salah beli notebook.

Tentukan Kebutuhan
Inilah poin pertama yang harus anda pertimbangkan. Untuk apa sih sebenarnya anda beli notebook? Main Game? Desain Grafis? Office dan Nonton Video? atau mau belajar nge-blog seperti saya? :) Atau anda mau semuanya ? Poin ini sangat penting mengingat ketika anda salah menentukan kebutuhan maka akibatnya sudah jelas yaitu inefisiensi atau malah notebook tersebut tidak bisa mencukupi kebutuhan kita. Maka tidak bijak rasanya anda membeli notebook dengan spesifikasi Core2Duo, Memory 4 GB, VGA Geforce GTX280M padahal cuma dipakai untuk ‘ngetik’ doang sama nonton video. mubazir kalau kata orang. Maka sekali lagi lihat kebutuhan anda, jika anda butuh untuk ‘ngetik’ dan nonton video saja kiranya notebook dengan processor celeron/sempron sudah cukup buat anda, lain ceritanya kalau misalnya buat desain grafis, seperti photoshop atau editing video ringan, notebook dengan processor dual core/turion x2 dengan memory 1GB rasanya sudah mencukupi. Lah kalau buat nge-game ? Kalau buat Game, selain procesor Core2Duo/Turion x2 ultra dengan memory minimal 1GB, komponen lain yang tidak boleh terlupa ada Graphic Card. semakin berat game yang anda mainkan, maka anda semakin butuh kepada Graphic card yang bagus. Lha kalau saya mau yang multifungsi, bisa buat ngetik,nonton video, Desain Grafis, Nge-game, Nge-blog, dan Nge-nge yang lain :) gimana? ya anda tinggal beli yang paling mahal.Semakin mahal notebook, tentu semakin multifungsi (logikanya sih begitu).

Tentukan Batas Dana
Setelah anda mangetahui kebutuhan anda, anda harus menentukan budget maksimal untuk membeli notebook yang anda butuhkan. Kadangkala kita mudah lepas kendali dan memutuskan untuk membeli notebook yang lebih mahal dan sebenarnya berlebihan untuk kebutuhan anda. Poin ini sangat bergantung pada kebutuhan anda, semakain berat kebutuhan komputasi anda, semakin tinggi pula spesifikasi notebook yang anda butuhkan, semakin mahal pula harganya.

Tentukan Spesifikasi
Setelah menentukan kebutuhan dan dana yang tersedia, langkah selanjutnya adalah mencari spesifikasi yang masuk dalam kebutuhan dan dana anda. Pada poin pertama sebenarnya sudah disinggung sedikit, spesifikasi lain yang perlu diperhatikan adalah dimensi dan berat notebook. Jika anda termasuk orang yang gemar bepergian (mobile) sebaiknya ada pilih notebook yang ringan dengan ukuran layar 7-10 inch. Akan tetapi jika anda menggunakan untuk keperluan desktop replacement atau home entertainment, pilih notebook dengan layar ukuran 15 inch keatas agar nyaman untuk menonton video. Pertimbangkan juga daya tahan baterai, hal ini cukup penting bagi yang sering bepergian dengan membawa notebook. Disamping itu masalah merk notebook juga jangan anda lewatkan dalam pertimbangan anda. Walau memang merk bukanlah segala-galanya. kadangkala merk-merk terkenal seperti Acer, Benq, Dell, HP, Toshiba dan sebagainya bukanlah jaminan akan sebuah notebook yang baik, justru sebailknya merk lokal seperti Axioo, Forsa, Zyrex dan sebagainya lebih tahan banting. Lha terus bagaimana dong? faktor penting lain yang harus dipertimbangakan saat memilih merk adalah support dan layanan purna jualnya. berkonsultasilah dengan teman-teman anda yang pernah menggunakan notebook dengan merk tertentu akan klaim garansi, service center dan sebagainya.

Lihat Fitur  Tambahan
Notebook jaman sekarang biasanya sudah dilengkapi dengan fitur tambahan seperti finger print, webcam, card reader, bluetooth dan sebagainya. Jika anda membutuhkan berbagai fitur tambahan tersebut, pilih notebook yang memiliki fitur yang anda maksud dan sesuaikan dengan dana anda. Termasuk fitur tambahan disini adalah bundling OS, anda bisa memilih apakah yang sudah bundling atau belum. Yang lebih murah tentu yang belum dibundling dengan OS, kelebihannya adalah anda bisa menginstal OS sesuai dengan keinginan anda, tapi untuk anda yang tidak mau pusing install OS lagi, notebook yang sudah dibundling dengan OS adalah pilihan yang cocok buat anda.

Tentukan Waktu membeli
Manfaatkan momen-momen tertentu seperti waktu promosi atau pameran, karena kita dapat membeli notebook dengan harga yang lebih murah. Selain itu, kadang disaat promosi, produsen memberikan berbagai bonus seperti tas, t-shirt atau kalau lagi beruntung dapat printer. Disamping itu perhatikan juga pergerakan dollar terhadap rupiah karena ini juga sangat berpengaruh.

Well..Semoga beberapa tips diatas bermanfaat buat anda yang ingin membeli sebuah notebook. Happy Searching

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s