Menghemat Baterai Laptop


Anda sedang asik-asiknya bermain dengan laptop kesayangan anda tapi listrik tiba-tiba mati? Harus bergantung sama baterai dong. Takut gamenya belum selesai saat indikator sudah menunjukkan dayanya sudah mau habis? Tenang, ada tips menghemat dari Geraeldo.com kok. Mudah-mudahan bisa membantu anda mulai sekarang sampai seterusnya (gaya seorang hypnoterapist).

Pertama, pastikan baterai yang anda pakai masih bagus dan belum rusak. Kalau udah rusak ya gimana gak habis dalam sepuluh menit? Karena itu, saat anda merasa performana sudah menurun jauh sejak dipakai saat pertama kali, segera ganti dengan yang baru.

Yang kedua, copot cooler serta mouse. Apalagi kalau mouse dan cooler tersebut pake lampu warna-warni, bukannya mengemat, malah menghabiskan daya laptop. Nah, setelah dua tips menghemat diatas sudah anda lakukan, saatnya masuk ke trik yang lebih advanced. Jika kedua tadi berada di luar sistem operasi, sekarang kita masuk ke perangkat lunak. Pertama, jika merasa tidak perlu, matikan antivirus. Antivirus sangat menghabiskan baterai karena selalu mengecek aktivitas data yang terjadi. Jika ada software lain yang sedang tidak anda pakai namun tetap aktif, segera close. Lihat sudut kanan bawah komputer anda, lihat icon-icon yang ada disana, cek yang tidak perlu, klik kanan, close.

Tips menghemat baterai berikutnya, buka task manager di laptop anda. Belum tahu cara membuka task manager? Ke Google aja deh. Ntar postnya kepanjangan kalo dikasih tau kesini, itung-itung ngasih pengunjung ke blog lain. Nah, setelah terbuka, pastikan anda sedang berada di tab “Processes”. Perhatikan semua prosesnya, dan perhatikan memori usage. Lihat nama-nama prosesnya, misalnya ada yang gak penting banget seperti “AppleMobileDevice”, klik namanya, lalu cari tombol end process. Namun hati-hati, jika nama prosesnya tidak anda kenali, jangan semabarangan menghentikannya, bisa-bisa komputer anda harus direstart. Nah, dengan begitu semua proses yang memakan memory bisa dihentikan. Dengan demikian, baterai pun cuma akan mengeluarkan daya untuk yang perlu saja. Mungkin daya tahannya akan bertambah dua kali lipat. Baiklah, semoga tips menghemat baterai ini berguna bagi anda semua. Kalo berhasil, jangan lupa komen disini ya, siapa tahu berguna buat teman-teman yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s