Perawatan dasar Komputer


Kenapa sih komputer gw menjadi lambat banget? Kenapa laptop gw yang punya spec tinggi tetep lemot? Kepana laptop gw lambat padahal gak pernah gw apa-apain? Kenapa, kenapa, dan kenapa?

Pertanyaan-pertanyaan di atas sering muncul bagi pengguna laptop yang masih awam. Penjelasan yang paling mungkin adalah karena anda tidak pernah melakukan maintenance secara rutin terhadap komputer anda.

Maintenance? Itu kan buat orang yang ngerti komputer doang? Lha gw gak ngerti sama sekali tentang komputer, bisanya pake program office doang. Pasti susah deh nge-maintenance komputer.

Kali ini anda salah bila berpikir demikian. Maintenance rutin komputer merupakan hal yang mudah dilakukan, tanpa perlu mengerti bahasa programming, atau ilmu-ilmu yang hanya dikuasai oleh orang IT. Cukup menggunakan program-program, baik yang sudah tersedia secara default di windows anda, ataupun menggunakan program program gratisan — gratis bukan berarti kinerjanya jelek, malah software-software yang saya sarankan dalam tulisan ini merupakan yang terbaik di bidangnya –.yang user friendly, mudah dilakukan tanpa perlu proses yang rumit, maka pelaksanaan maintenance dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan memuaskan.

Kita sering mengalami keadaan dimana kinerja komputer melambat, padahal kita merasa tidak melakukan suatu kesalahan yang berkaitan dengan komputer, apakah menginstall program yang “aneh”, ataupun hal-hal lain yang kemungkinan berpengaruh pada melambatnya kinerja komputer.

Bila kinerja komputer melambat, bisa banyak hal yang menjadi penyebabnya :

  • Terlalu banyak program yang terinstall, tentu saja membuat komputer lambat karena banyak program yang berjalan di background, hal ini tidak akan menjadi masalah bila Processor (Kalo gak yang Duo, ya yang Core Two Duo) dan RAM yang anda miliki cukup besar kapasitasnya (minimal 1 GB untuk windows XP, minimal 2 GB untuk vista)
  • Harddisk gak pernah di defragment, ini membuat komputer membaca hardisk menjadi lambat, karena lokasi filenya tidak tertata rapih
  • Sering install dan uninstall program, hal ini menimbulkan terjadinya penumpukan “sampah registry” yang cukup mengganggu kinerja komputer.
  • Terinfeksi adware dan atau spyware, hal ini selain membuat kinerja komputer lambat karena program” menyebalkan ini bekerja secara background, dan juga melambatkan koneksi internet kita, karena program” ini mengirimkan data data yang berada dalam komputer kita secara kontinyu melalui internet, yang (lagi lagi menyebalkan) tidak diketahui oleh kita tanpa ilmu dan program pendeteksi yang cukup baik.

Untuk mengatasinya, ada beberapa alternatif:

  • Upgrade RAM, sesuai dengan batas minimum yang saya berikan, untuk processor, bila anda menggunakan desktop, dapat dilakukan upgrade asalkan motherboard anda mendukung, bila laptop yang digunakan, terpaksa anda harus membeli laptop baru .
  • Defragment hardisk secara teratur, setidaknya 1 bulan sekali, lebih sering lebih baik, cukup menggunakan defragmenter yang disediakan oleh windows (start >> all programs >> accessories >> system tools >> disk defragmenter
  • Untuk membersihkan sampah sampah registry yang mengganggu kinerja komputer, gunakan registry cleaner yang cukup baik, bisa menggunakan yang free seperti Glarysoft Registry Repair , atau yang licensed seperti Tune Up Utilities 2008.
  • Adware dan spyware sering tidak terdeteksi oleh kebanyakan antivirus, termasuk kaspersky ataupun AVG, apalagi norton (sori buat yang pake norton). Untuk mendeteksi, saat ini ada tool yang sangat bagus, freeware pula!! Silahkan coba Spybot Search & Destroy 1.4 di sini.

Untuk maintenance kinerja komputer, lakukan defragment, pembersihan registry, pengecekan virus menggunakan antivirus yang dipilih, dan pengecekan adware dan spyware secara rutin!! Dijamin komputer anda akan tetap cepat kinerjanya walaupun sudah berusia lebih dari satu tahun.

Oh iya, system restore merupakan celah yang paling banyak dimanfaatkan baik oleh virus, adware maupun spyware, dengan cara menyimpan datanya di data system restore, sehingga bila dilakukan restoring, akan muncul kembali.

Perlindungan komputer tidak akan lengkap tanpa antivirus.Antivirus internasional apa yang patut dipakai? Saya merekomendasikanKaspersky Antivirus (licensed) atau Avast Antivirus. Avast merupakan antivirus gratisan terbaik, disusul oleh AVG Antivirus. Tetapi menurut saya, kaspersky sampa saat ini merupakan antivirus dengan engine paling cerdas, selama gw pake gak ada false detection seperti yang terjadi pada AVG atau NOD-32. Kelemahannya kaspersky ini, cukup memakan resource bila dibandingkan dengan AVG, NOD-32 atau Avast. Tapi bila dibandingkan dengan Norton atau McAfee, tentu jauh lebih ringan.
Untuk mengatasi virus virus lokal Indonesia, paling mantap dibantai menggunakan ANSAV, selain gratis, antivirus ini dibuat dan dimaintenance oleh komunitas Reverse Engineering Indonesia, yang salah satu anggotanya adalah pembuat antivirus khusus untuk brontok. Sayang nya website ANSAV lambat bila di akses dari luar Indonesia.

Mudah mudahan membantu 

Tulisan ini saya posting juga di http://www.indomelb.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s